Rabu, 14 Maret 2012

RAT-SAT MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (MKDU4221)

RAT-SAT MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (MKDU4221) Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd. DR. Hasani Ahmad Said, M.A. UNIVERSITAS TERBUKA JAKARTA 2012 PETA KOMPETENSI Pendidikan Agama Islam/MKDU4221/3 sks RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL ( RAT ) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Bobot Mata Kuliah : 3 sks Kode Mata Kuliah : MKDU4221 Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd. Dr. Hasani Ahmad Said, M.A. Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah Pendidikan Agama Islam secara substansial merupakan salah satu Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) atau disebut juga sebagai mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dengan beban studi 3 sks berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 43 dan 44/Dikti/Kep/2006. Pembahasan materi mata kuliah ini lebih mengarah kepada pemahaman ajaran Islam yang menuntut untuk diterapkan dalam berkiprah sebagai warga Negara yang religius dalam kondisi bangsa yang pluralistic yang bersifat universal. Mata kuliah ini membahasa tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan, Manusia, Masyarakat, Hukum, Moral, Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni, Budaya Politik dan Kerukunan antar Umat Beragama. Tujuan Instruksional Umum Secara umum setelah mahasiswa mempelajari materi mata kuliah ini, diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai dasar ajaran agama Islam untuk menumbuhkan kerukunan antar umat beragama kehidupan secara individual, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Secara khusus, setelah mahasiswa mempelajari materi mata kuliah ini diharapkan mampu: 1. Menjelaskan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa; 2. Menjelaskan hakikat, martabat dan tanggung jawab manusia; 3. Menjelaskan pengertian masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi; 4. Menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap hukum dan fungsi agama; 5. Menjelaskan pengertian moral dan akhlak mulia; 6. Menjelaskan peran IPTEKS dan IMTAQ; 7. Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan; 8. Menjelaskan peran agama dalam kehidupan berpolitik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai rahmat Tuhan YME; dan 9. Mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan pluralistik di Indoensia. No Tujuan Instruksional Khusus Pokok Bahasan Subpokok Bahasan Model Tutorial Estimasi Waktu Daftar Pustaka 1 2 3 4 5 6 7 1 Mahasiswa dapat: menjelaskan Ketuhanan Yang Maha Esa Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan 1. Keimanan dan Ketakwaan 2. Filsafat Ketuhanan Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit M. Quraish Shihab, 1992, Moh. Khudori Umar, T.Th., Ali Nurdin dkk, 2008 2 Mahasiswa mampu: menjelaskan hakikat, martabat dan tanggungjawab manusia Hakikat, martabat dan tanggungjawab manusia 1. Hakikat Manusia 2. Martabat manusia 3. Tanggung Jawab manusia. Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Abudin Nata (1994), Depag RI (2001), E. Hasan Saleh (2000), Ali Nurdin dkk, 2008 3 Mahasiswa mampu: menjelaskan Menjelaskan pengertian masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi Masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi 1. Masyarakat beradab dan sejahtera 2. Peran umat beragama dalam mewujudkan masyarakat beradab dan sejahtera 3. HAM dan Demokrasi Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin dkk, (2008), Bakhtiar Efendi (1998), Mukti Ali (1974), Salahudin hamid, (2000). 4 Mahasiswa S.1 PPKn mampu: menjelaskan Menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap hukum dan fungsi agama Hukum 1. Menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap hukum Allah SWT. 2. Fungsi profetik agama dalam hukum Islam Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), Muhammad Fuad Abdul Baqi (T.th.), M. Quraish Shihab (1995, 1998, 2004). 5 Mahasiswa mampu: menjelaskan Menjelaskan pengertian moral dan akhlak mulia Agama sebagai sumber moral dan akhlak mulia dalam kehidupan 1. Agama sebagai sumber moral 2. Akhlak mulia dalam kehidupan Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), Ahmad Amin (1983), Endang saifudin Anshari (1980) 6 Mahasiswa mampu: Menjelaskan peran IPTEKS dan IMTAQ Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni 1. Iman, ipteks, dan amal sebagai kesatuan; 2. Kewajiban menuntut dan mengamalkan ilmu; 3. Tanggung jawab ilmuan dan seniman Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), E. Hasan Saleh (2000), Depag RI (1999), Harun Yahya (2001). 7 • Mahasiswa mampu: Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan; • Mahasiswa mampu: Menjelaskan peran agama dalam kehidupan berpolitik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai rahmat Tuhan YME • Budaya akademik dan budaya kerja (etos) dalam Islam; • Politik 1. Memahami makna budaya akademik dalam Islam; 2. Etos kerja, sikap terbuka, dan keadilan dalam Islam • Kontribusi agama dalam kehidupan politik; • Peranan Agama dalam kehidupan politik. Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), M. Dawam Raharjo (1999). Hamka (1980), J. Suyuti Pulunungan (1994), Abd. Muin Salim (1994). 8 Mahasiswa mampu: Mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan pluralistik di Indoensia Kerukunan antar umat beragama 1. Agama adalah rahmat dari Allah SWT bagi seluruh hambanya; 2. Kerukunan antar umat beragama Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), M. Quraish Shihab (1995, 1996, 1998, 2005), Abd. Muin Salim (1994), . Dawam Raharjo (1999). SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 1 (SAT – 1) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan : Latar Belakang Tutorial Sub Pokok Bahasan : 1. Keimanan dan Ketakwaan 2. Filsafat Ketuhanan SKS : 3 (tiga) Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd Dr. Hasani Ahmad Said, M.A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti tutorial ke satu, mahasiswa mampu menjelaskan keimanan dan ketakwaan serta filsafat ketuhanan Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti kegiatan tutorial, mahasiswa akan dapat: 1 Menjelaskan keimanan dan ketakwaan; 2 Menjelaskan filsafat ketuhanan Model Tutorial: PAT-UT I Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi Waktu Media Tutor Mahasiswa 1 2 3 4 5 Orientasi Tutorial 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Menyampaikan materi orientasi tutorial 1. Melakukan presensi 2. Memperhatikan dan membuat catatan-catatan penting tentang materi orientasi tutorial dari tutor 30’ Lembar Kerja Panduan Tuhan YME dan Ketuhanan Pendahuluan 1. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 2. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT I 1. Memperhatikan arahan tutor 2. Membentuk kelompok-kelompok kecil, masing-masing terdiri dari 4-5 orang 15’ Pelaksanaan 1. Menyajikan garis besar materi tutorial dengan menggunakan lembar daftar konsep esensial modul 1 yang telah dipersiapkan oleh tutor 2. Menyampaikan materi bahan diskusi untuk tiap-tiap kelompok kecil (yaitu menentukan dan merumuskan substansi isi materi masing-masing konsep esensial Ketuhanan 3. Memfasilitasi jalannya diskusi 4. Memberikan tes dengan mengajukan pertanyaan 1. Mencermati lembar daftar konsep esensial Tuhan TME dan Ketuhanan; memperhatikan uraian yang disajikan tutor; memberikan umpan balik 2. Berpartisipasi dalam diskusi 3. Menyimpulkan hasil diskusi 4. Berpartisipasi dalam tes tanya jawab. 60’ Penutup 1. Memberikan pemantapan (klarifikasi, penegasan, dan/atau penyimpulan materi bahan diskusi) 2. Memberikan tugas pengkajian 1 (TP-1) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-2). Materi TP-1 adalah: a. Keimanan dan Ketakwaan b. Filsafat ketuhanan 1. Membuat catatan-catatan penting. 2. Mengerjakan tugas pengkajian 1 (TP-1) di rumah. 15’ SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 2 (SAT – 2) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan : Hakikat, Martabat dan Tanggung jawab Manusia Sub Pokok Bahasan : 1. Hakikat Manusia 2. Martabat Manusia 3. Tanggung Jawab Manusia Sks : 3 (tiga) Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti tutorial kedua, mahasiswa mampu menjelaskan: Hakikat, martabat dan tanggung jawab manusia. Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti tutorial kedua, mahasiswa akan dapat: 1. Menjelaskan hakikat manusia 2. Menjelaskan martabat manusia 3. Menjelaskan makna tanggung jawab manusia Model Tutorial: PAT-UT III Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi Waktu Media Tutor Mahasiswa 1 2 3 4 5 Pendahuluan 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK. 3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III 1. Melakukan presensi 2. Memperhatikan arahan tutor 15’ Panduan Pendidikan Islam Pelaksanaan 1. Mengadakan review materi. Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji. 2. Membagi mahasiswa ke dalam 6 (enam) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu. 3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok. 4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. 5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas. 1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor. 2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok. 3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya. 4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan. 75’ Lembar Kerja LCD Penutup 1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi. 2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa. 3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 1 (TP-1). 4. Memberikan tugas pengkajian 2 (TP-2) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-3). Materi TP-2 meliputi: a. Hakikat manusia; b. Martabat manusia c. Tanggung jawab manusia c. Proses pengerjaan TP-2 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa. 4. Mengingatkan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan tugas tutorial 1 (TT-1) pada pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-3). 1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor. 2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi. 3. Mengumpulkan tugas pengkajian 1 (TP-1). 4. Mengerjakan tugas pengkajian 2 (TP-2) di rumah. 30’ SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 3 (SAT – 3) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan : Masyarakat Beradab, Peran Umat Beragama, Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Sub Pokok Bahasan : 1. Pengertian Masyarakat; 2. Asal usul pembentukan masyarakat 3. Masyarakat beradab dan sejahtera 4. Prinsip-prinsip masyarakat beradab dan sejahtera SKS : 3 (tiga) Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd. DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti tutorial ketiga, mahasiswa mampu menjelaskan konsep masyarakat beradab dab sejahtera Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti tutorial ketiga, mahasiswa akan dapat: 1. Menjelaskan masyarakat beradab dan sejahtera 2. Menjelaskan peran umat beragama dalam mewujudkan masyarakat beradab 3. Menjelaskan hak asasi manusia Model Tutorial: PAT-UT III Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi Waktu Media Tutor Mahasiswa 1 2 3 4 5 Pemberian Tugas Tutorial 1 (TT-1) Pendahuluan Membagikan naskah soal tugas tutorial 1 (TT-1) 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK. 3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III Mengerjakan materi soal tugas tutorial 1 (TT-1) 1. Melakukan presensi 2. Memperhatikan arahan tutor 45’ 10’ Naskah TT 1 Pelaksanaan 1. Mengadakan review materi. Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (Panduan Pendidikan Agama Islam) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji. 2. Membagi mahasiswa ke dalam 3 (tiga) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu. 3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok. 4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. 5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas. 1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor. 2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok. 3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya. 4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan. 45’ Penutup 1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas. 2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa. 3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 2 (TP-2). 4. Memberikan tugas pengkajian 3 (TP-3) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-4). Materi TP-3 meliputi: a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada Panduan Pendidikan Agama; b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman c. Proses pengerjaan TP-3 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa. 1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor. 2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas. 3. Mengumpulkan tugas pengkajian 2 (TP-2). 4. Mengerjakan tugas pengkajian 3 (TP-3) di rumah. 20’ SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 4 (SAT – 4) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan : Hukum Sub Pokok Bahasan : - Menumbuhkan kesadaran taat hukum Allah Swt - Fungsi profetik agama dalam hokum Islam S K S : 3 (tiga) Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti tutorial ketiga, mahasiswa mampu memahami hokum (syari’ah) untuk menyampaikan hokum Allah serta makna diutusnya Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan hokum Allah SWT. Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti tutorial ketiga, mahasiswa akan dapat: 1. menjelaskan pengertian hukum Allah SWT serta sifat-sifatnya; 2. menyadari betapa pentingnya bersikap taat terhadap hukum Allah; 3. arti penting diutusnya Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan hokum Allah; 4. menjelaskan kedudukan Nabi Muhammad SAW terhadap hokum-hukum dalam al-Qur’an. Model Tutorial: PAT-UT III Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi Waktu Media Tutor Mahasiswa 1 2 3 4 5 Pendahuluan 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK. 3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III 1. Melakukan presensi 2. Memperhatikan arahan tutor 45’ 10’ Panduan Pendidikan Agama Islam Pelaksanaan 1. Mengadakan review materi. Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (modul 4) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji. 6. Membagi mahasiswa ke dalam 3 (tiga) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu. 7. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok. 8. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. 9. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas. 1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor. 2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok. 3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya. 4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan. 45’ Penutup 1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas. 2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa. 3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 2 (TP-2). 4. Memberikan tugas pengkajian 3 (TP-3) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-4). Materi TP-3 meliputi: a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada Panduan Pedidikan Agama Islam; b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman c. Proses pengerjaan TP-3 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa. 1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor. 2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas. 3. Mengumpulkan tugas pengkajian 2 (TP-2). 4. Mengerjakan tugas pengkajian 3 (TP-3) di rumah. 20’ SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 5 (SAT – 5) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan : Agama Sebagai Sumber Moral Sub Pokok Bahasan : 1. Pengertian agama; 2. Klasifikasi agama; 3. Pengertian moral, susila, budi pekerti, akhlak dan etika; 4. Hubungan antara moral, susila, budi pekerti, akhlak dan etika; 5. Agama sebagai sumber moral SKS : 3 (tiga) Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti tutorial keempat, mahasiswa mampu: memahami fungsi profetik agama dalam hukum Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti tutorial keempat, mahasiswa akan dapat: 1. Menjelaskan agama sebagai sumber moral; 2. Menjelaskan akhlak mulia dalam kehidupan; 3. Menjadi manusia yuridis (sadar hukum) akan tetapi juga manusia etis (sadar etika). Model Tutorial: PAT-UT III Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi Waktu Media Tutor Mahasiswa 1 2 3 4 5 Pemberian Tugas Tutorial 2 (TT-2) Pendahuluan Membagikan naskah soal tugas tutorial 2 (TT-2) 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Membahas materi soal tugas tutorial 1 (TT-1) bersama-sama dengan mahasiswa 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK. 4. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III Mengerjakan materi soal tugas tutorial 2 (TT-2) 1. Melakukan presensi 2. Memperhatikan, mencatat, dan berpartisipasi aktif dalam pembahasan materi soal tugas tutorial 1 (TT-1) 3. Memperhatikan arahan tutor 45’ 10 Naskah TT 2 Panduan Pendidikan Agama Islam Pelaksanaan 1. Mengadakan analisis kasus pembelajaran Cara yang ditempuh ialah dengan memberikan beberapa contoh kasus yang berhubungan dengan Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji. 2. Membagi mahasiswa ke dalam kelompok sesuai dengan jumlah kasus yang disediakan tutor. 3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok. 4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. 5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas. 1. Memperhatikan arahan tutor 2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok. 3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya. 4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan. 75’ Penutup 1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas. 2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa. 3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 3 (TP-3). 4. Memberikan tugas pengkajian 4 (TP-4) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-5). Materi TP-4 meliputi: a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada modul 7; b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman c. Proses pengerjaan TP-4 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa. 5. Mengingatkan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan tugas tutorial 2 (TT-2) pada pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-5). 1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor. 2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas. 3. Mengumpulkan tugas pengkajian 3 (TP-3). 4. Mengerjakan tugas pengkajian 4 (TP-4) di rumah. 20’ SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 6 (SAT – 6) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Sub Pokok Bahasan : 1. Hubungan iman, ipteks dan amal; 2. Kewajiban yang dituntut dalam mengamalkan ilmu pengetahuan, dan tanggung jawab ilmuan dan seniman; S K S : 3 (tiga) Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd DR. Hasani Ahmad said, M.A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti tutorial kelima, mahasiswa mampu menjelaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti tutorial kelima, mahasiswa akan dapat: 1. Menjelaskan iman; 2. Menjelaskan Ipteks; 3. Menjelaskan amal sebagai kesatuan 4. Menjelaskan kewajiban menuntut ilmu; 5. Menjelaskan mengamalkan ilmu; 6. Menjelaskan pengertian tanggung jawab; 7. Menjelaskan tanggung jawab ilmuan; 8. Menjelaskan tanggungjawab seniman. Model Tutorial: PAT-UT III Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi Waktu Media Tutor Mahasiswa 1 2 3 4 5 Pemberian Tugas Tutorial 2 (TT-2) Pendahuluan Membagikan naskah soal tugas tutorial 2 (TT-2) 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK. 3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III Mengerjakan materi soal tugas tutorial 2 (TT-2) 1. Melakukan presensi 2. Memperhatikan arahan tutor 45’ 10’ Naskah TT 2 Panduan Pendidikan Agama Islam Pelaksanaan 1. Mengadakan reVew materi. Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (Panduan Pendidikan Agama Islam) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji. 2. Membagi mahasiswa ke dalam 2 (dua) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu. 3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok. 4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. 5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas. 1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor. 2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok. 3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya. 4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan. 45’ Penutup 1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas. 2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa. 3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 4 (TP-4). 4. Memberikan tugas pengkajian 5 (TP-5) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-6). Materi TP-5 meliputi: a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada Panduan Pendidikan Agama Islam; b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman c. Proses pengerjaan TP-5 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per indiVdu/ mahasiswa. 1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor. 2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas. 3. Mengumpulkan tugas pengkajian 4 (TP-4). 4. Mengerjakan tugas pengkajian 5 (TP-5) di rumah. 20’ SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 7 (SAT – 7) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan : 1. Budaya Akademik dan Budaya Kerja (etos) dalam Islam 2. Politik Sub Pokok Bahasan : 1 a. Memahami makna budaya akademik dalam Islam 1 b. Etos kerja, sikap terbuka, dan keadilan dalam Islam 2 a. Kontribusi agama dalam kehidupan politik 2 b. Peran agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan S K S : 3 (tiga) Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti tutorial keenam, mahasiswa mampu memahami dengan baik tentang budaya akademik yang positif, menghayati, dan menerapkan etos kerja, serta sikap terbuka dan adil. Mahasiswa juga diharapkan dapat memahami dengan baik relasi antara agama dan politik . Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti tutorial keenam, mahasiswa akan dapat: 1. Menjelaskan tentang pengertian budaya akademik dalam Islam dengan baik, serta berussaha menerapkan dalam aktifitas keilmuan kita; 2. Memahami etos kerja yang diajarkan oleh Islam; 3. Menjelaskan tentang pentingnya sikap terbuka dalam beragama khususnya, dan aktivitas lain pada umumnya; 4. Memahami makna adil dalam Islam dan menerapkannya dalam aktifitas sehari-sehari; 5. Menjelaskan hubungan politik dan agama; 6. Menjelaskan kontribusi agama dalam kehidupan politik; 7. Menjelaskan peranan agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan Model Tutorial: PAT-UT III Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi Waktu Media Tutor Mahasiswa 1 2 3 4 5 Pemberian Tugas Tutorial 3 (TT-3) Pendahuluan Membagikan naskah soal tugas tutorial 3 (TT-3) 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Membahas materi soal tugas tutorial 2 (TT-2) bersama-sama dengan mahasiswa 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK. 5. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III Mengerjakan materi soal tugas tutorial 3 (TT-3) 1. Melakukan presensi 2. Memperhatikan, mencatat, dan berpartisipasi aktif dalam pembahasan materi soal tugas tutorial 2 (TT-2) 3. Memperhatikan arahan tutor 25’ Naskah TT3 Pelaksanaan 1. Mengadakan review materi. Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (Panduan Pendidikan Agama Islam) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji. 2. Membagi mahasiswa ke dalam 2 (dua) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu. 3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok. 4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. 5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas. 1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor. 2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok. 3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya. 4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan. 75’ Penutup 1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas. 2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa. 3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 5 (TP-5). 4. Memberikan tugas pengkajian 6 (TP-6) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-7). Materi TP-6 meliputi: a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada modul 6; b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman c. Proses pengerjaan TP-6 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa. 5. Mengingatkan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan tugas tutorial 3 (TT-3) pada pertemuan tutorial berikutnya. 1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor. 2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas. 5. Mengumpulkan tugas pengkajian 5 (TP-5). 6. Mengerjakan tugas pengkajian 6 (TP-6) di rumah. 20’ SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 8 (SAT – 8) Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan : Kerukunan Antar Umat Beragama Sub Pokok Bahasan : 1. Agama adalah rahmat bagi seluruh hamba-Nya; 2. Kerukunan antar umat beragama S K S : 3 (tiga) Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti tutorial keenam, mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai ajaran Islam yang merupakan rahmat dari Allah SWT bagi semesta dan mampu mewujudkan persaudaraan dan kerukunan baik intern umat beragama maupun antar antar umat beragama di tengah masyarakat yang majemuk. . Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti tutorial keenam, mahasiswa akan dapat: 1. Menjelaskan landasan normative tentang Islam rahmatan lil ‘alamin; 2. Menjelaskan arti penting persaudaraan sessama muslim; 3. Menjelaskan pentingnya kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat yang majemuk. Model Tutorial: PAT-UT III Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi Waktu Media Tutor Mahasiswa 1 2 3 4 5 Pendahuluan 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK. 3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III 1. Melakukan presensi 2. Memperhatikan arahan tutor 10’ Panduan Pendidikan Agama Islam Pelaksanaan 1. Mengadakan reVew materi. Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (modul 9) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji. 2. Membagi mahasiswa ke dalam 3 (tiga) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu. 3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok. 4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. 5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas. 1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor. 2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok. 3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya. 4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan. 45’ Penutup 1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas. 2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa. 3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 6 (TP-6). 4. Memberikan tugas pengkajian akhir untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-8). Materi TP akhir ini adalah: a. Membuat rangkuman semua materi PB/SPB yang telah dibahas dari bahan ajar (modul 1-9). b. Proses pengerjaan TP akhir dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per indiVdu/ mahasiswa. 1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor. 2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas. 3. Mengumpulkan tugas pengkajian 6 (TP-6). 5. Mengerjakan tugas pengkajian (TP) akhir di rumah. 20’ KISI-KISI TUGAS TUTORIAL MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221/3 SKS Tugas Tutorial Ke Tujuan Khusus Aspek yang Dinilai Jenis Tugas Pelaksanaan DD & DL Jam Tutorial Sumber/ No. Modul K A P E P O L DD DL 1 1. Menjelaskan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa; 2. Menjelaskan hakikat, martabat dan tanggung jawab manusia; 3. Menjelaskan pengertian masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi; √ √ √ Panduan Pendidikan Agama Islam 2 1. Menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap hukum dan fungsi agama; 2. Menjelaskan pengertian moral dan akhlak mulia; 3. Menjelaskan peran IPTEKS dan IMTAQ; √ √ √ Panduan Pendidikan Agama Islam 3 1. Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan; 2. Menjelaskan peran agama dalam kehidupan berpolitik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai rahmat Tuhan YME; 3. Mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan pluralistik di Indoensia. √ √ √ Panduan Pendidikan Agama Islam Keterangan: K A P : Kognitif : Afektif : Psikomotor E P O L : Essai : Praktek : Observasi : Lain-lain DD DL : Di Dalam : Di Luar TUGAS TUTORIAL KE-1 MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221/3 SKS Nama Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd. DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Pokok Bahasan : Modul 1 - 4 Tanggal : - Rentang Skor : 10-100 Tujuan Khusus : 1. Menjelaskan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa; 2. Menjelaskan hakikat, martabat manusia; 3. Menjelaskan pengertian masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi; 4. Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan Sumber Materi : Buku modul Pendidikan Agama Islam No Pertanyaan / Uraian Tugas Skor 1 Selesaikanlah tugas latihan pada modul 1 sampai dengan modul 4 10-100 TUGAS TUTORIAL KE-2 MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221/3 SKS Nama Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd. DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Pokok Bahasan : Modul 5 - 6 Tanggal : - Rentang Skor : 10-100 Tujuan Khusus : 1. Menjelaskan pengertian moral dan akhlak mulia; 2. Menjelaskan peran IPTEKS dan IMTAQ; Sumber Materi : Buku modul Pendidikan Agama Islam No Pertanyaan / Uraian Tugas Skor 2 Selesaikan tugas latihan pada modul 5 sampai dengan modul 6 10-100 TUGAS TUTORIAL KE-3 MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221/3 SKS Nama Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd. DR. Hasani Ahmad Said, M.A. Pokok Bahasan : Modul 7 - 8 Tanggal : - Rentang Skor : 10-100 Tujuan Khusus : 1. Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan; 2. Menjelaskan peran agama dalam kehidupan berpolitik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai rahmat Tuhan YME; 3. Mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan pluralistik di Indoensia. Sumber Materi : Buku modul Pendidikan Agama Islam No Pertanyaan / Uraian Tugas Skor 3 Selesaikanlah tugas latihan pada modul 7 sampai dengan modul 8 10-100