اقرءباسم ربك الذي خلق GUBUG ILMU KANG HASAN: Jl.Pabean, link. Pabean, Kel. Pabean, no.10, Rt.01/01 Kec. Purwakarta, Kota Cilegon, Prov. Banten, 42437
Rabu, 14 Maret 2012
RAT-SAT MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (MKDU4221)
RAT-SAT
MATA KULIAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(MKDU4221)
Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd.
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
UNIVERSITAS TERBUKA
JAKARTA
2012
PETA KOMPETENSI
Pendidikan Agama Islam/MKDU4221/3 sks
RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
( RAT )
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Bobot Mata Kuliah : 3 sks
Kode Mata Kuliah : MKDU4221
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd.
Dr. Hasani Ahmad Said, M.A.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam secara substansial merupakan salah satu Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) atau disebut juga sebagai mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dengan beban studi 3 sks berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 43 dan 44/Dikti/Kep/2006. Pembahasan materi mata kuliah ini lebih mengarah kepada pemahaman ajaran Islam yang menuntut untuk diterapkan dalam berkiprah sebagai warga Negara yang religius dalam kondisi bangsa yang pluralistic yang bersifat universal. Mata kuliah ini membahasa tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan, Manusia, Masyarakat, Hukum, Moral, Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni, Budaya Politik dan Kerukunan antar Umat Beragama.
Tujuan Instruksional Umum
Secara umum setelah mahasiswa mempelajari materi mata kuliah ini, diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai dasar ajaran agama Islam untuk menumbuhkan kerukunan antar umat beragama kehidupan secara individual, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Secara khusus, setelah mahasiswa mempelajari materi mata kuliah ini diharapkan mampu:
1. Menjelaskan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa;
2. Menjelaskan hakikat, martabat dan tanggung jawab manusia;
3. Menjelaskan pengertian masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi;
4. Menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap hukum dan fungsi agama;
5. Menjelaskan pengertian moral dan akhlak mulia;
6. Menjelaskan peran IPTEKS dan IMTAQ;
7. Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan;
8. Menjelaskan peran agama dalam kehidupan berpolitik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai rahmat Tuhan YME; dan
9. Mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan pluralistik di Indoensia.
No Tujuan Instruksional
Khusus Pokok
Bahasan Subpokok
Bahasan Model
Tutorial Estimasi
Waktu Daftar
Pustaka
1 2 3 4 5 6 7
1
Mahasiswa dapat:
menjelaskan Ketuhanan Yang Maha Esa
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
1. Keimanan dan Ketakwaan
2. Filsafat Ketuhanan
Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja
120 menit
M. Quraish Shihab, 1992, Moh. Khudori Umar, T.Th., Ali Nurdin dkk, 2008
2
Mahasiswa mampu:
menjelaskan hakikat, martabat dan tanggungjawab manusia
Hakikat, martabat dan tanggungjawab manusia
1. Hakikat Manusia
2. Martabat manusia
3. Tanggung Jawab manusia.
Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja
120 menit
Abudin Nata (1994), Depag RI (2001), E. Hasan Saleh (2000), Ali Nurdin dkk, 2008
3
Mahasiswa mampu:
menjelaskan Menjelaskan pengertian masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi
Masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi
1. Masyarakat beradab dan sejahtera
2. Peran umat beragama dalam mewujudkan masyarakat beradab dan sejahtera
3. HAM dan Demokrasi
Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja
120 menit
Ali Nurdin dkk, (2008), Bakhtiar Efendi (1998), Mukti Ali (1974), Salahudin hamid, (2000).
4
Mahasiswa S.1 PPKn mampu:
menjelaskan Menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap hukum dan fungsi agama
Hukum
1. Menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap hukum Allah SWT.
2. Fungsi profetik agama dalam hukum Islam
Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit
Ali Nurdin Dkk, (2008), Muhammad Fuad Abdul Baqi (T.th.), M. Quraish Shihab (1995, 1998, 2004).
5 Mahasiswa mampu:
menjelaskan Menjelaskan pengertian moral dan akhlak mulia Agama sebagai sumber moral dan akhlak mulia dalam kehidupan 1. Agama sebagai sumber moral
2. Akhlak mulia dalam kehidupan Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), Ahmad Amin (1983), Endang saifudin Anshari (1980)
6 Mahasiswa mampu:
Menjelaskan peran IPTEKS dan IMTAQ Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni 1. Iman, ipteks, dan amal sebagai kesatuan;
2. Kewajiban menuntut dan mengamalkan ilmu;
3. Tanggung jawab ilmuan dan seniman Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), E. Hasan Saleh (2000), Depag RI (1999), Harun Yahya (2001).
7 • Mahasiswa mampu: Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan;
• Mahasiswa mampu:
Menjelaskan peran agama dalam kehidupan berpolitik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai rahmat Tuhan YME • Budaya akademik dan budaya kerja (etos) dalam Islam;
• Politik 1. Memahami makna budaya akademik dalam Islam;
2. Etos kerja, sikap terbuka, dan keadilan dalam Islam
• Kontribusi agama dalam kehidupan politik;
• Peranan Agama dalam kehidupan politik.
Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), M. Dawam Raharjo (1999).
Hamka (1980), J. Suyuti Pulunungan (1994), Abd. Muin Salim (1994).
8 Mahasiswa mampu:
Mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan pluralistik di Indoensia Kerukunan antar umat beragama 1. Agama adalah rahmat dari Allah SWT bagi seluruh hambanya;
2. Kerukunan antar umat beragama Diskusi, Power point, Laptop, dan kertas kerja 120 menit Ali Nurdin Dkk, (2008), M. Quraish Shihab (1995, 1996, 1998, 2005), Abd. Muin Salim (1994), . Dawam Raharjo (1999).
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 1
(SAT – 1)
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Pokok Bahasan : Latar Belakang Tutorial
Sub Pokok Bahasan : 1. Keimanan dan Ketakwaan
2. Filsafat Ketuhanan
SKS : 3 (tiga)
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd
Dr. Hasani Ahmad Said, M.A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti tutorial ke satu, mahasiswa mampu menjelaskan keimanan dan ketakwaan serta filsafat ketuhanan
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti kegiatan tutorial, mahasiswa akan dapat:
1 Menjelaskan keimanan dan ketakwaan;
2 Menjelaskan filsafat ketuhanan
Model Tutorial: PAT-UT I
Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi
Waktu Media
Tutor Mahasiswa
1 2 3 4 5
Orientasi Tutorial
1. Mencatat kehadiran mahasiswa
2. Menyampaikan materi orientasi tutorial
1. Melakukan presensi
2. Memperhatikan dan membuat catatan-catatan penting tentang materi orientasi tutorial dari tutor
30’
Lembar Kerja
Panduan Tuhan YME dan Ketuhanan
Pendahuluan
1. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
2. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT I
1. Memperhatikan arahan tutor
2. Membentuk kelompok-kelompok kecil, masing-masing terdiri dari 4-5 orang
15’
Pelaksanaan
1. Menyajikan garis besar materi tutorial dengan menggunakan lembar daftar konsep esensial modul 1 yang telah dipersiapkan oleh tutor
2. Menyampaikan materi bahan diskusi untuk tiap-tiap kelompok kecil (yaitu menentukan dan merumuskan substansi isi materi masing-masing konsep esensial Ketuhanan
3. Memfasilitasi jalannya diskusi
4. Memberikan tes dengan mengajukan pertanyaan
1. Mencermati lembar daftar konsep esensial Tuhan TME dan Ketuhanan; memperhatikan uraian yang disajikan tutor; memberikan umpan balik
2. Berpartisipasi dalam diskusi
3. Menyimpulkan hasil diskusi
4. Berpartisipasi dalam tes tanya jawab.
60’
Penutup
1. Memberikan pemantapan (klarifikasi, penegasan, dan/atau penyimpulan materi bahan diskusi)
2. Memberikan tugas pengkajian 1 (TP-1) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-2). Materi TP-1 adalah:
a. Keimanan dan Ketakwaan
b. Filsafat ketuhanan
1. Membuat catatan-catatan penting.
2. Mengerjakan tugas pengkajian 1 (TP-1) di rumah.
15’
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 2
(SAT – 2)
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Pokok Bahasan : Hakikat, Martabat dan Tanggung jawab Manusia
Sub Pokok Bahasan : 1. Hakikat Manusia
2. Martabat Manusia
3. Tanggung Jawab Manusia
Sks : 3 (tiga)
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti tutorial kedua, mahasiswa mampu menjelaskan: Hakikat, martabat dan tanggung jawab manusia.
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti tutorial kedua, mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan hakikat manusia
2. Menjelaskan martabat manusia
3. Menjelaskan makna tanggung jawab manusia
Model Tutorial: PAT-UT III
Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi
Waktu Media
Tutor Mahasiswa
1 2 3 4 5
Pendahuluan
1. Mencatat kehadiran mahasiswa
2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK.
3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III
1. Melakukan presensi
2. Memperhatikan arahan tutor
15’
Panduan Pendidikan Islam
Pelaksanaan
1. Mengadakan review materi.
Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji.
2. Membagi mahasiswa ke dalam 6 (enam) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu.
3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok.
4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok.
5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas.
1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor.
2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok.
3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya.
4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan.
75’
Lembar Kerja
LCD
Penutup
1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi.
2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama
dengan mahasiswa.
3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 1 (TP-1).
4. Memberikan tugas pengkajian 2 (TP-2) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-3). Materi TP-2 meliputi:
a. Hakikat manusia;
b. Martabat manusia
c. Tanggung jawab manusia
c. Proses pengerjaan TP-2 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa.
4. Mengingatkan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan tugas tutorial 1 (TT-1) pada pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-3).
1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor.
2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil
akhir diskusi.
3. Mengumpulkan tugas pengkajian 1 (TP-1).
4. Mengerjakan tugas pengkajian 2 (TP-2) di rumah.
30’
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 3
(SAT – 3)
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Pokok Bahasan : Masyarakat Beradab, Peran Umat Beragama, Hak Asasi Manusia dan Demokrasi
Sub Pokok Bahasan : 1. Pengertian Masyarakat;
2. Asal usul pembentukan masyarakat
3. Masyarakat beradab dan sejahtera
4. Prinsip-prinsip masyarakat beradab dan sejahtera
SKS : 3 (tiga)
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd.
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti tutorial ketiga, mahasiswa mampu menjelaskan konsep masyarakat beradab dab sejahtera
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti tutorial ketiga, mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan masyarakat beradab dan sejahtera
2. Menjelaskan peran umat beragama dalam mewujudkan masyarakat beradab
3. Menjelaskan hak asasi manusia
Model Tutorial: PAT-UT III
Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi
Waktu Media
Tutor Mahasiswa
1 2 3 4 5
Pemberian Tugas Tutorial 1 (TT-1)
Pendahuluan
Membagikan naskah soal tugas tutorial 1 (TT-1)
1. Mencatat kehadiran mahasiswa
2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK.
3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III
Mengerjakan materi soal tugas tutorial 1 (TT-1)
1. Melakukan presensi
2. Memperhatikan arahan tutor
45’
10’
Naskah TT 1
Pelaksanaan
1. Mengadakan review materi.
Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (Panduan Pendidikan Agama Islam) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji.
2. Membagi mahasiswa ke dalam 3 (tiga) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu.
3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok.
4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok.
5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas.
1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor.
2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok.
3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya.
4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan.
45’
Penutup
1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas.
2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa.
3. Meminta
pengumpulan tugas pengkajian 2 (TP-2).
4. Memberikan tugas pengkajian 3 (TP-3) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-4). Materi TP-3 meliputi:
a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada Panduan Pendidikan Agama;
b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman
c. Proses pengerjaan TP-3 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa.
1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor.
2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas.
3. Mengumpulkan tugas pengkajian 2 (TP-2).
4. Mengerjakan tugas pengkajian 3 (TP-3) di
rumah.
20’
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 4
(SAT – 4)
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Pokok Bahasan : Hukum
Sub Pokok Bahasan : - Menumbuhkan kesadaran taat hukum Allah Swt
- Fungsi profetik agama dalam hokum Islam
S K S : 3 (tiga)
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti tutorial ketiga, mahasiswa mampu memahami hokum (syari’ah) untuk menyampaikan hokum Allah serta makna diutusnya Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan hokum Allah SWT.
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti tutorial ketiga, mahasiswa akan dapat:
1. menjelaskan pengertian hukum Allah SWT serta sifat-sifatnya;
2. menyadari betapa pentingnya bersikap taat terhadap hukum Allah;
3. arti penting diutusnya Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan hokum Allah;
4. menjelaskan kedudukan Nabi Muhammad SAW terhadap hokum-hukum dalam al-Qur’an.
Model Tutorial: PAT-UT III
Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi
Waktu Media
Tutor Mahasiswa
1 2 3 4 5
Pendahuluan
1. Mencatat kehadiran mahasiswa
2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK.
3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III
1. Melakukan presensi
2. Memperhatikan arahan tutor
45’
10’
Panduan Pendidikan Agama Islam
Pelaksanaan
1. Mengadakan review materi.
Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (modul 4) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji.
6. Membagi mahasiswa ke dalam 3 (tiga) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu.
7. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok.
8. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok.
9. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas.
1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor.
2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok.
3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya.
4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan.
45’
Penutup
1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas.
2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa.
3. Meminta
pengumpulan tugas pengkajian 2 (TP-2).
4. Memberikan tugas pengkajian 3 (TP-3) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-4). Materi TP-3 meliputi:
a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada Panduan Pedidikan Agama Islam;
b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman
c. Proses pengerjaan TP-3 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa.
1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor.
2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas.
3. Mengumpulkan tugas pengkajian 2 (TP-2).
4. Mengerjakan tugas pengkajian 3 (TP-3) di
rumah.
20’
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 5
(SAT – 5)
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Pokok Bahasan : Agama Sebagai Sumber Moral
Sub Pokok Bahasan : 1. Pengertian agama;
2. Klasifikasi agama;
3. Pengertian moral, susila, budi pekerti, akhlak dan etika;
4. Hubungan antara moral, susila, budi pekerti, akhlak dan etika;
5. Agama sebagai sumber moral
SKS : 3 (tiga)
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti tutorial keempat, mahasiswa mampu: memahami fungsi profetik agama dalam hukum
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti tutorial keempat, mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan agama sebagai sumber moral;
2. Menjelaskan akhlak mulia dalam kehidupan;
3. Menjadi manusia yuridis (sadar hukum) akan tetapi juga manusia etis (sadar etika).
Model Tutorial: PAT-UT III
Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi
Waktu Media
Tutor Mahasiswa
1 2 3 4 5
Pemberian Tugas Tutorial 2 (TT-2)
Pendahuluan
Membagikan naskah soal tugas tutorial 2 (TT-2)
1. Mencatat kehadiran mahasiswa
2. Membahas materi soal tugas tutorial 1 (TT-1) bersama-sama dengan mahasiswa
3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK.
4. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III Mengerjakan materi soal tugas tutorial 2 (TT-2)
1. Melakukan presensi
2. Memperhatikan, mencatat, dan berpartisipasi aktif dalam pembahasan
materi soal tugas tutorial 1 (TT-1)
3. Memperhatikan arahan tutor
45’
10 Naskah
TT 2
Panduan Pendidikan Agama Islam
Pelaksanaan
1. Mengadakan analisis kasus pembelajaran
Cara yang ditempuh ialah dengan memberikan beberapa contoh kasus yang berhubungan dengan Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji.
2. Membagi mahasiswa ke dalam kelompok sesuai dengan jumlah kasus yang disediakan tutor.
3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok.
4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok.
5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas.
1. Memperhatikan arahan tutor
2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok.
3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya.
4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan.
75’
Penutup
1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas.
2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa.
3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 3 (TP-3).
4. Memberikan tugas pengkajian 4 (TP-4) untuk pertemuan tutorial
berikutnya (tutorial ke-5). Materi TP-4 meliputi:
a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada modul 7;
b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman
c. Proses pengerjaan TP-4 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa.
5. Mengingatkan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan tugas tutorial 2 (TT-2) pada pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-5).
1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor.
2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas.
3. Mengumpulkan tugas pengkajian 3 (TP-3).
4. Mengerjakan tugas pengkajian 4 (TP-4) di rumah.
20’
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 6
(SAT – 6)
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Pokok Bahasan : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni
Sub Pokok Bahasan : 1. Hubungan iman, ipteks dan amal;
2. Kewajiban yang dituntut dalam mengamalkan ilmu pengetahuan, dan tanggung jawab ilmuan dan seniman;
S K S : 3 (tiga)
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd
DR. Hasani Ahmad said, M.A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti tutorial kelima, mahasiswa mampu menjelaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti tutorial kelima, mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan iman;
2. Menjelaskan Ipteks;
3. Menjelaskan amal sebagai kesatuan
4. Menjelaskan kewajiban menuntut ilmu;
5. Menjelaskan mengamalkan ilmu;
6. Menjelaskan pengertian tanggung jawab;
7. Menjelaskan tanggung jawab ilmuan;
8. Menjelaskan tanggungjawab seniman.
Model Tutorial: PAT-UT III
Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi
Waktu Media
Tutor Mahasiswa
1 2 3 4 5
Pemberian Tugas Tutorial 2 (TT-2)
Pendahuluan
Membagikan naskah soal tugas tutorial 2 (TT-2)
1. Mencatat kehadiran mahasiswa
2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK.
3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III
Mengerjakan materi soal tugas tutorial 2 (TT-2)
1. Melakukan presensi
2. Memperhatikan arahan tutor
45’
10’
Naskah
TT 2
Panduan Pendidikan Agama Islam
Pelaksanaan
1. Mengadakan reVew materi.
Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (Panduan Pendidikan Agama Islam) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji.
2. Membagi mahasiswa ke dalam 2 (dua) kelompok
(sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu.
3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok.
4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok.
5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas.
1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor.
2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok.
3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap
kelompok merumuskan
hasil diskusinya.
4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan.
45’
Penutup
1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas.
2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa.
3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 4 (TP-4).
4. Memberikan tugas pengkajian 5 (TP-5) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-6). Materi TP-5 meliputi:
a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada Panduan Pendidikan Agama Islam;
b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman
c. Proses pengerjaan TP-5 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per indiVdu/ mahasiswa.
1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor.
2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas.
3. Mengumpulkan tugas pengkajian 4 (TP-4).
4. Mengerjakan tugas pengkajian 5 (TP-5) di rumah.
20’
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 7
(SAT – 7)
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Pokok Bahasan : 1. Budaya Akademik dan Budaya Kerja (etos) dalam Islam
2. Politik
Sub Pokok Bahasan : 1 a. Memahami makna budaya akademik dalam Islam
1 b. Etos kerja, sikap terbuka, dan keadilan dalam Islam
2 a. Kontribusi agama dalam kehidupan politik
2 b. Peran agama dalam mewujudkan persatuan dan
kesatuan
S K S : 3 (tiga)
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti tutorial keenam, mahasiswa mampu memahami dengan baik tentang budaya akademik yang positif, menghayati, dan menerapkan etos kerja, serta sikap terbuka dan adil. Mahasiswa juga diharapkan dapat memahami dengan baik relasi antara agama dan politik
.
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti tutorial keenam, mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan tentang pengertian budaya akademik dalam Islam dengan baik, serta berussaha menerapkan dalam aktifitas keilmuan kita;
2. Memahami etos kerja yang diajarkan oleh Islam;
3. Menjelaskan tentang pentingnya sikap terbuka dalam beragama khususnya, dan aktivitas lain pada umumnya;
4. Memahami makna adil dalam Islam dan menerapkannya dalam aktifitas sehari-sehari;
5. Menjelaskan hubungan politik dan agama;
6. Menjelaskan kontribusi agama dalam kehidupan politik;
7. Menjelaskan peranan agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan
Model Tutorial: PAT-UT III
Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi
Waktu Media
Tutor Mahasiswa
1 2 3 4 5
Pemberian Tugas Tutorial 3 (TT-3)
Pendahuluan
Membagikan naskah soal tugas tutorial 3 (TT-3)
1. Mencatat kehadiran mahasiswa
2. Membahas materi soal tugas tutorial 2 (TT-2) bersama-sama dengan mahasiswa
3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK.
5. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III Mengerjakan materi soal tugas tutorial 3 (TT-3)
1. Melakukan presensi
2. Memperhatikan, mencatat, dan berpartisipasi aktif dalam pembahasan
materi soal tugas tutorial 2 (TT-2)
3. Memperhatikan arahan tutor
25’
Naskah TT3
Pelaksanaan
1. Mengadakan review materi.
Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam bahan ajar (Panduan Pendidikan Agama Islam) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji.
2. Membagi mahasiswa ke dalam 2 (dua) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu.
3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok.
4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok.
5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas.
1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor.
2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok.
3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya.
4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan.
75’
Penutup
1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas.
2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa.
3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 5 (TP-5).
4. Memberikan tugas pengkajian 6 (TP-6) untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-7). Materi TP-6 meliputi:
a. Identifikasi konsep-konsep esensial pada modul 6;
b. Menentukan, merumuskan/ menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial tersebut dalam bentuk rangkuman
c. Proses pengerjaan TP-6 dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per individu/ mahasiswa.
5. Mengingatkan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan tugas tutorial 3 (TT-3) pada pertemuan tutorial berikutnya.
1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor.
2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas.
5. Mengumpulkan tugas pengkajian 5 (TP-5).
6. Mengerjakan tugas pengkajian 6 (TP-6) di rumah.
20’
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL - 8
(SAT – 8)
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Pokok Bahasan : Kerukunan Antar Umat Beragama
Sub Pokok Bahasan : 1. Agama adalah rahmat bagi seluruh hamba-Nya;
2. Kerukunan antar umat beragama
S K S : 3 (tiga)
Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti tutorial keenam, mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai ajaran Islam yang merupakan rahmat dari Allah SWT bagi semesta dan mampu mewujudkan persaudaraan dan kerukunan baik intern umat beragama maupun antar antar umat beragama di tengah masyarakat yang majemuk.
.
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti tutorial keenam, mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan landasan normative tentang Islam rahmatan lil ‘alamin;
2. Menjelaskan arti penting persaudaraan sessama muslim;
3. Menjelaskan pentingnya kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat yang majemuk.
Model Tutorial: PAT-UT III
Tahap Kegiatan Rincian Kegiatan Estimasi
Waktu Media
Tutor Mahasiswa
1 2 3 4 5
Pendahuluan
1. Mencatat kehadiran mahasiswa
2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK.
3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan model PAT-UT III
1. Melakukan presensi
2. Memperhatikan arahan tutor
10’
Panduan Pendidikan Agama Islam
Pelaksanaan
1. Mengadakan reVew materi.
Cara yang ditempuh ialah dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci, penting, dan strategis, tentang konsep-konsep esensial di dalam
bahan ajar (modul 9) yang berkaitan dengan PB/SPB yang tengah dikaji.
2. Membagi mahasiswa ke dalam 3 (tiga) kelompok (sesuai dengan jumlah SPB yang tengah dikaji). Tugas masing-masing kelompok ialah menentukan dan merumuskan/menyusun substansi-isi materi dari konsep-konsep esensial pada SPB tertentu.
3. Memantau dan mencermati jalannya diskusi pada tiap-tiap kelompok.
4. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok.
5. Mengamati dan mencatat hal-hal penting yang muncul dan berkembang selama berlangsungnya diskusi kelas.
1. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tutor.
2. Mengorganisir diri ke dalam kelompok-kelompok sesuai arahan
tutor; memilih ketua dan sekretaris masing-masing kelompok.
3. Melakukan diskusi sesuai dengan kelompoknya masing-masing; tiap-tiap kelompok merumuskan hasil diskusinya.
4. Melakukan kegiatan pleno/diskusi kelas/diskusi antar kelompok. Setiap kelompok menyampaikan secara singkat laporan hasil diskusinya dalam diskusi kelas. Sajian laporan hasil diskusi masing-masing kelompok ditanggapi oleh kelompok lain, baik dalam bentuk pertanyaan, pendapat, saran, kritik, atau masukan.
45’
Penutup
1. Memberikan pemantapan (koreksi maupun klarifikasi) atas hasil diskusi kelas.
2. Menyimpulkan hasil akhir diskusi kelas bersama-sama dengan mahasiswa.
3. Meminta pengumpulan tugas pengkajian 6 (TP-6).
4. Memberikan tugas pengkajian akhir untuk pertemuan tutorial berikutnya (tutorial ke-8). Materi TP akhir ini adalah:
a. Membuat rangkuman semua materi PB/SPB yang telah dibahas dari bahan ajar (modul 1-9).
b. Proses pengerjaan TP
akhir dilakukan secara kelompok, tetapi laporan hasil kerja dilakukan per indiVdu/ mahasiswa.
1. Memperhatikan dan mencatat penjelasan tutor.
2. Berpartisipasi dalam penyimpulan hasil akhir diskusi kelas.
3. Mengumpulkan tugas pengkajian 6 (TP-6).
5. Mengerjakan tugas pengkajian (TP) akhir di rumah.
20’
KISI-KISI TUGAS TUTORIAL
MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221/3 SKS
Tugas
Tutorial
Ke
Tujuan Khusus
Aspek yang
Dinilai
Jenis Tugas
Pelaksanaan
DD & DL Jam Tutorial
Sumber/ No. Modul
K A P E P O L DD DL
1 1. Menjelaskan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa;
2. Menjelaskan hakikat, martabat dan tanggung jawab manusia;
3. Menjelaskan pengertian masyarakat beradab, peran umat beragama, HAM dan demokrasi; √ √ √ Panduan Pendidikan Agama Islam
2 1. Menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap hukum dan fungsi agama;
2. Menjelaskan pengertian moral dan akhlak mulia;
3. Menjelaskan peran IPTEKS dan IMTAQ; √ √ √
Panduan Pendidikan Agama Islam
3 1. Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan;
2. Menjelaskan peran agama dalam kehidupan berpolitik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai rahmat Tuhan YME;
3. Mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan pluralistik di Indoensia.
√ √ √
Panduan Pendidikan Agama Islam
Keterangan:
K
A
P
: Kognitif
: Afektif
: Psikomotor E
P
O
L : Essai
: Praktek
: Observasi
: Lain-lain DD
DL : Di Dalam
: Di Luar
TUGAS TUTORIAL KE-1
MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221/3 SKS
Nama Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd.
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Pokok Bahasan : Modul 1 - 4
Tanggal : -
Rentang Skor : 10-100
Tujuan Khusus : 1. Menjelaskan tentang Ketuhanan Yang Maha Esa;
2. Menjelaskan hakikat, martabat manusia;
3. Menjelaskan pengertian masyarakat beradab, peran
umat beragama, HAM dan demokrasi;
4. Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap
terbuka dan keadilan
Sumber Materi : Buku modul Pendidikan Agama Islam
No Pertanyaan / Uraian Tugas Skor
1
Selesaikanlah tugas latihan pada modul 1 sampai dengan modul 4
10-100
TUGAS TUTORIAL KE-2
MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221/3 SKS
Nama Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd.
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Pokok Bahasan : Modul 5 - 6
Tanggal : -
Rentang Skor : 10-100
Tujuan Khusus : 1. Menjelaskan pengertian moral dan akhlak mulia;
2. Menjelaskan peran IPTEKS dan IMTAQ;
Sumber Materi : Buku modul Pendidikan Agama Islam
No Pertanyaan / Uraian Tugas Skor
2
Selesaikan tugas latihan pada modul 5 sampai dengan modul 6
10-100
TUGAS TUTORIAL KE-3
MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221/3 SKS
Nama Tutor : Drs. Syaiful Mikdar, M.Pd.
DR. Hasani Ahmad Said, M.A.
Pokok Bahasan : Modul 7 - 8
Tanggal : -
Rentang Skor : 10-100
Tujuan Khusus : 1. Menjelaskan budaya akademik, etos kerja, sikap terbuka dan keadilan;
2. Menjelaskan peran agama dalam kehidupan berpolitik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai rahmat Tuhan YME;
3. Mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan pluralistik di Indoensia.
Sumber Materi : Buku modul Pendidikan Agama Islam
No Pertanyaan / Uraian Tugas Skor
3
Selesaikanlah tugas latihan pada modul 7 sampai dengan modul 8
10-100
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar