Rabu, 06 Maret 2013

SILABUS MATA KULIAH ULUMUL QUR'AN by DR. HASANI AHMAD SAID

 
 
KEMENTERIAN AGAMA
FAKULTAS SYARIAH IAIN RADEN INTAN LAMPUNG



SILABUS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah               : Ulumul Qur’an
Program Studi                       : JS / EI
Jumlah SKS / Semester         : 3 Sks  / JS II A dan II B / EI II C, D, E
Dosen Pengampu                  : Dr. Hasani Ahmad Said, M.A. / H.M. Saiful Lathif, S.Ag., M.A./Drs. H. Zikri, M.A.
E-mail, Pin BBM, Hp.           : hasanibanten@yahoo.com, hasanibanten.blogspot.com, PIN BBM 26CC17CD, Hp. 081911222390
Website / fb                            :  http://hasanibanten.blogspot.com / http://www.facebook.com/hasaniahmad.saidii  
                                                 
Deskripsi Mata Kuliah          :

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Secara garis besar, al-Qur’an mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak. Untuk dapat mengenal, memahami, dan menafsirkan  al-Qur’an tidak hanya berbekal pengetahuan bahasa Arab, melainkan dibutuhkan berbagai macam ilmu guna untuk mengungkap makna yang terkandung dalam al-Qur’an.
Mata kuliah ini mengkaji tentang ilmu-ilmu tentang al-Qur’an. Pembahasannya mencakup seluruh materi yang berhubungan dengan al-Qur’an, baik dari segi penyusunannya, pengumpulannya, sistematikanya, ilmu nuzulul Qur’an, ilmu Asbabun nuzul, dan materi lain yang berhubungan dan yang ada sangkut pautnya dengan al-Qur’an. Materi ini sangat penting bagi mahasiswa untuk memperluas pandangan dan pengetahuan tentang al-Qur’an guna untuk membantu dalam memahami dan menafsirkannya.

Standar Kompetensi             :

Mahasiswa mempunyai wawasan tentang teori, konsep, dan prinsip-prinsip dalam ulumul Qur’an guna memahami dan mendalami kandungan al-Qur’an dan menafsirkannya.
Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/  Sumber Belajar
Penilaian
  1. Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan Ulumul Qur’an.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Ulumul Qur’an.
2.   Menjelaskan ruang lingkup pembahasan Ulumul Qur’an.
3.   Menjelaskan sejarah pertumbuhan dan perkembangan Ulumul Qur’an.
4.   Menjelaskan urgensi mempelajari Ulumul Qur’an.
Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian, ruang lingkup, sejarah pertumbuhan dan perkembangan, serta urgensi mempelajari Ulumul Qur’an.
Ulumul Qur’an
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 1-10.
Ramli Abd. Wahid, Ulumul Qur’an, 1994: 7-23.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 1-11.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001: 1-10.
Makalah, Essay, Diskusi
2.      Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan Nuzulul Qur’an.

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Nuzulul Qur’an.
2.   Menjelaskan tahap-tahap turunnya al-Qur’an.
3.   Menjelaskan waktu dan periodesasi turunnya al-Qur’an.
4.   Menjelaskan cara al-Qur’an diturunkan.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, tahap-tahapan, waktu, serta  cara turunnya   al-Quran.
Ilmu Nuzulul Qur’an
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 13-26.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999: 53-70.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001: 144-177.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an I, 1988:118-142.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an I, 1988:289-294.

Makalah, Essay, Diskusi
  1. Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan Asbabun Nuzul.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Asbabun Nuzul.
2.   Menjelaskan macam-macam dan pembagian Asbabun Nuzul.
3.   Menjelaskan beberapa redaksi Asbabun Nuzul.
4.   Menjelaskan berbilangnya Asbabun Nuzul suatu ayat.
5.   Menjelaskan manfaat mempelajari Asbabun Nuzul.
Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian, macam-macam, redaksi Asbabun Nuzul, serta manfaat mempelajarinya.
Ilmu Asbabun Nuzul
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 30-35.
Ramli Abd. Wahid, Ulumul Qur’an, 1994: 29-67.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 12-57.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999: 153-202.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001:106-143.
An-Naisaburi, Asbabun Nuzul, 1991.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an I, 1988:82-98.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an I, 1988:45-60.
Makalah, Essay, Diskusi
  1. Memahami berbagai permasalahan yanng berhubungan dengan ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Makkiyah dan Madaniyah.
2.   Menjelaskan ciri-ciri Makkiyah dan Madaniyah.
3.   Menjelaskan teori penentuan Makkiyah dan Madaniyah.
4.   Menjelaskan manfaat mempelajari Makkiyah dan Madaniyah.
Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian, ciri-ciri, teori penentuan  Makkiyah dan Madaniyah, serta manfaat mempelajarinya.
Ilmu Makkiyah dan Madaniyah
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 17-21.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 79-123.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999: 203-301.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001: 69-88.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an I, 1988:22-50.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an I, 1988:239-262.
Makalah, Essay, Diskusi
5.             Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan Nasikh Mansukh.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Nasikh Mansukh.
2.   Menjelaskan beberapa pendapat tentang Nasakh dalam al-Qur’an.
3.   Menjelaskan macam-macam Nasikh Mansukh.
4.   Menjelaskan manfaat mempelajari Nasikh Mansukh.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, pendapat ulama tentang Nasikh, macam-macam Nasikh Mansukh, serta manfaat mempelajarinya.
Ilmu Nasikh Mansukh
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 39-46.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 149-158.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999: 337-346.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001:325-349.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an III, 1988:59-77.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an II, 1988:33-52.
Makalah, Essay, Diskusi

6.             Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan Munasabah.

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Munasabah.
2.   Menjelaskan sejarah pertumbuhan dan perkembangannya.
3.   Menjelaskan macam-macam Munasabah.
4.   Menjelaskan kedudukan Munasabah dalam menafsirkan al-Qur’an.
5.   Menjelaskan manfaat mempelajari Munasabah.

Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, sejarah perkembangannya, macam-macamnya, dan manfaat mempelajarinya.

Ilmu Munasabah

120 Menit

OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 50-58.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an III, 1988:323-338.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an I, 1988:61-82.

Makalah, Essay, Diskusi
6.             Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan Fawatihus Suwar.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Fawatihus Suwar.
2.   Menjelaskan macam-macam Fawatihus Suwar.
3.   Menjelaskan beberapa pendapat ulama tentang Fawatihus Suwar.
4.   Menjelaskan manfaat mempelajari Fawatihus Suwar.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, macam-macamnya, beberapa pendapat ulama, dan manfaat mempelajari Fawatihus Suwar.
Ilmu Fawatihus Suwar
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 62-67.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 124-136.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999: 303-319.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an III, 1988:316-319.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an I, 1988:213-232.
Makalah, Essay, Diskusi
7.             Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan ayat-ayat Muhkam dan Mutasyabihat.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Muhkam dan Mutasyabihat.
2.   Menjelaskan macam-macam Mutasyabihat.
3.   Menjelaskan pendapat ulama mengenai ayat Muhkam dan Mutasyabihat.
4.   Menjelaskan hikmah dibalik Muhkam dan Mutasyabihat.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, macam-macamnya, pendapat ulama tentang Muhkam Mutasyabihat, dan hikmah mempelajarinya.
Ilmu Muhkam dan Mutasyabihat
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998:70-75.
Ramli Abd. Wahid, Ulumul Qur’an, 1994: 81-114.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 166-173.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999: 371-379.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001:302-311.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an III, 1988:339-344.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an II, 1988:79-100.
Makalah, Essay, Diskusi
8.             Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan kemu’jizatan al-Qur’an.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian I’jazul Qur’an.
2.   Menjelaskan pendapat ulama mengenai I’jazul Qur’an.
3.   Menjelaskan kadar kemu’jizatan al-Qur’an.
4.   Menjelaskan aspek-aspek kemu’jizatan al-Qur’an.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, pendapat ulama tentang kemu’jizatan al-Qur’an, kadar  dan aspek-aspek kemu’jizatan al-Qur’an.
Ilmu I’jazul Qur’an
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 95-103.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 311-316.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999:419-463.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001:369-399.
M. Quraish Shihab, Mukjizat al-Qur’an, 1997.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an IV, 1988:3-23.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an II, 1988:101-132.
Makalah, Essay, Diskusi
9.             Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan kisah-kisah dalam al-Qur’an.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Qashashul Qur’an.
2.   Menjelaskan macam-macam kisah-kisah dalam al-Qur’an.
3.   Menjelaskan karakteristik kisah-kisah dalam al-Qur’an.
4.   Menjelaskan tujuan kisah-kisah dalam al-Qur’an.
5.   Menjelaskan relevansi kisah dengan sejarah.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, macam-macamnya, karakteristik dan tujuan  kisah-kisah dalam al-Qur’an. 
Ilmu Qashashul Qur’an
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998:118-123.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 187-189.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an,2001:435-441.
Makalah, Essay, Diskusi
10.         Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan Amstalul Qur’an.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Amstalul Qur’an.
2.   Menjelaskan macam-macam Amstalul Qur’an.
3.   Menjelaskan ciri-ciri Amstalul Qur’an.
4.   Menjelaskan faedah Amstalul Qur’an.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, macam-macamnya, ciri-ciri dan faedah Amstalul Qur’an. 
Ilmu Amstalul Qur’an
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998:126-133.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 174-178.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001: 400-412.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an IV, 1988:38-45.
Makalah, Essay, Diskusi
11.         Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan Aqsamul Qur’an.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Aqsamul Qur’an.
2.   Menjelaskan macam-macam Aqsamul Qur’an.
3.   Menjelaskan sighat-sighat Aqsamul Qur’an.
4.   Menjelaskan faedah Aqsamul Qur’an.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, macam-macamnya, sighat Aqsam, dan faedah Aqsamul Qur’an. 
Ilmu Aqsamul Qur’an
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 135-140.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993:179-186.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001:413-424..
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an IV, 1988:46-51.
Makalah, Essay, Diskusi
12.         Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan Qira’atul Qur’an.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Qira’ah.
2.   Menjelaskan macam-macam Qira’ah.
3.   Menjelaskan sejarah perkembangan ilmu Qira’ah.
4.   Menjelaskan kriteria Qira’ah yang diterima dan yang ditolak.
5.   Menjealskan pengaruh Qira’ah tetrhadap istinbath hukum.
6.   Menjelaskan faedah mempelajari  Qira’atul Qur’an.
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, macam-macamnya, sejarah perkembangan Qira’ah, kriteria Qira’ah yang diterima dan ditolak, pengaruhnya terhadap istinbath hukum, faedah mempelajarinya. 
Ilmu Qira’ah
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 85-92.
Ramli Abd. Wahid, Ulumul Qur’an, 1994: 115-127.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 137-147.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999:321-336.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 2001:247-277.
Makalah, Essay, Diskusi
13.         Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan Rasmul Qur’an.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Rasmul Qur’an.
2.   Menjelaskan cara-cara penulisan al-Qur’an.
3.   Menjelaskan sejarah perkembangan Rasmul Qur’an.
4.   Menjelaskan beberapa pendapat ulama mengenai Rasmul Qur’an
Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, cara-cara penulisan, beberapa pendapat ulama mengenai Rasmul Qur’an
Ilmu Rasmul Qur’an
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 105-114.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 159-165.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999: 361-369.
Makalah, Essay, Diskusi
14.         Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan ilmu tafsir.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian ilmu tafsir.
2.   Menjelaskan sejarah  perkembangan ilmu tafsir.
3.   Menjelaskan kaidah tafsir.
4.   Menjelaskan urgensi mempelajari ilmu tafsir.

Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, sejarah pertumbuhan dan perkembangan tafsir, kaidah tafsir, dan urgensi mempelajarinya
Ilmu Tafsir
120 Menit
OHP, LCD, Laptop.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998: 142-156.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993: 193-310.

Makalah, Essay, Diskusi



Lampung,    Februari 2013
Dosen Pengampu,

Dr. Hasani Ahmad Said, M.A.
NIP.: 198202212009011024